Basic modelling 3D Pada Blender

11:56 PM


Basic modelling 3D
Basic modelling adalah tahapan awal pengenalan pemodelan (modelling). Fitur utama yang dikenalkan dalam modelling adalah editing mode, vertex, edge, face, extrude.
Berikut ini adalah tampilan Blender secara default, yaitu dalam workarea terdapat cube, camera, lamp, dan cursor.
Keterangan :
Cube : Kubus object, biasanya pemodelan dimulai dengan objek yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah model yang dikehendaki, selain objek kubus, objek plan juga sering di gunakan untuk awal pemodelan. Camera Kamera berfungsi sebagai view, ouput video yang akan dihasilkan.
Lamp Lampu adalah sumber pencahayaan yang digunakan dalam setting kerja 3D. Hal in akan berdampak pada hasil akhir kualitas gelap dan terang suatu objek yang diciptakan.
Cursor Merupakan point untuk meletakkan objek yang akan di masukkan kedalam posisi workarea.
Sebelum lebih jauh tentang pemodelan Anda akan dikenalkan dengan istilah edit mode shortcut (TAB), dalam posisi manipulasi objek terdapat bagian yang akan sering diseleksi untuk membentuk suatu objek, yang antara lain adalah Bagian kubus di atas jika diperjelas kerangkanya akan terlihat
Untuk memilih mesh select mode dengan perintah cepat Anda bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL TAB, Kemudian tentukan mode yang akan dipilih.
Face : permukaan objek
Edge : garis objek
Vertex : titik sudut objek
Pemodelan (modelling) adalah proses membuat objek sebagai perwujudan ide yang akan dikomunikasikan. Dalam buku ini pemodelan dicontohkan dengan pembuatan kursi. Objek kursi dipilih karena dalam pemodelan kursi menggunakan fitur–fitur yang umum digunakan dalam pemodelan objek lainnya.
Dalam CD yang disertakan pada buku siswa terdapat tutorial untuk membuat modelling kursi berikut adalah panduan langkah modelling kursi.

Praktik
1. Bukalah aplikasi Blender
2. Ubah viewport menjadi Front Ortho dengan memilih User > User Preference > Input kemudian centang Emulate Numpad > Save As Default Lalu (tekan 1 = View Front dan tekan 5 = View Orthogonal).
3. Melakukan Splitting
Arahkan cursor mouse pada sudut windows seperti yang ditunjukkan pada tanda lingkaran merah, Kemudian klik kiri pada mouse, tahan dan geser ke arah kiri viewport hingga menjadi dua.
Untuk menampilkan tampilan view menjadi 4 bagian. Bagian tampak depan, atas, samping dan perpektif dapat menekan tombol CTRL+ALT+Q
4. Ubahlah viewport sebelah kanan menjadi Right Ortho dengan menekan 3 (View Right).
5. Tekan A untuk menghilangkan seleksi pada objek.
Sebelum menekan A Setelah menekan A
6. Untuk mengedit objek menjadi sebuah kursi, ubahlah mode pilihan Object Mode >> Edit mode.
Gambar 0-39 Mengubah Mode
7. Buatlah bagian dudukan sebuah kursi dengan mengecilkan objek mengikuti sumbu Z dengan menekan S (Scale) lalu tekan Z (Sumbu Z).
8. Ubahlah salah satu viewport menjadi view Top Ortho dengan menekan angka 7 (View Top) pada keyboard.
9. Geser cursor mouse ke sisi objek, kemudian tambahkan garis baru dengan menekan CTRL+R, akan muncul garis baru berwarna ungu.
10. Geser garis berwana ungu tersebut ke sisi objek.
11. Lakukan penambahan garis baru lagi dengan menekan CTRL+R, geser garis baru tersebut.
12. Buatlah garis baru tetapi dengan arah yang berbeda, seperti gambar di bawah ini.
13. Ubahlah pilihan menjadi Face select.
14. Ubahlah viewport menjadi View Bottom Ortho dengan menekan CTRL+7 pada Keyboard. Seleksi 4 bagian pada objek untuk membuat kaki kursi dengan menekan Shift lalu tahan dan klik kanan untuk seleksi 4 bagian tersebut.
15. Ubahlah kembali viewport menjadi View Front Ortho dengan menekan 1 (View Front), kemudian extrude ke bawah dengan menekan E (Extrude), tekan Z (Sumbu Z) untuk membuat bagian kaki kursi.
16. Ubahlah View menjadi View Top Ortho dengan menekan angka 7 (View Top) pada keyboard, Seleksi 2 bagian atas kursi untuk membuat sandaran kursi dengan menekan Shift lalu tahan, kemudian klik kanan pada bagian kursi.
17. Extrude bagian tersebut ke atas dengan menekan E (Extrude) kemudian tekan Z (Sumbu Z).
18. Extrude kembali 2 bagian tersebut ke atas dengan menekan E (Extrude)
19. Tekan A untuk unselect. Seleksi 2 bagian kanan dan kiri sandaran dengan menekan Shift lalu tahan, kemudian klik kanan pada bagian kursi yang lainnya.
20. Tekan X pilih Face kemudian hapus bagian yang berhadapan yang akan dibuat sandaran.
21. Hubungkan bagian objek yang hilang dengan menyeleksi rusuk bagian kanan dan kiri kursi yang berhadapan (yang akan dibuat sandaran) dengan mengubah pilihan seleksi menjadi Edge Select.
22. Kemudian tekan F untuk menggabungkan bagian yang telah terseleksi, seperti gambar di bawah ini.
23. Ulangi dengan langkah yang sama untuk menghubungkan bagian-bagian yang belum terhubung hingga semua bidang yang diperlukan, tertutup.
24. Tekan F12 untuk melihat preview gambar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »